Unknown On Kamis, 04 September 2014


Dua fungsi utama manusia adalah pertama sebagai hamba Allah SWT. Esensi dari hamba Allah adalah ketaatan, ketundukan, dan kepatuhan kepada kebenaran dan keadilan Allah SWT. Yang kedua sebagai khalifah-Nya di bumi. Esensi sebagai khalifah di bumi adalah manusia mempunyai tanggung jawab untuk menjaga keseimbangan alam dan lingkungannya.

Manusia harus mengadakan penelitian dan penjelajahan dimuka bumi, maksudnya agar manusia berusaha mengenal berbagai peristiwa yang terjadi di seluruh muka bumi ini sejak zaman dahulu, lalu diadakan evaluasi dan pengkajian secara sungguh-sungguh mengapa bisa terjadi bencana tersebut.

Penyebab kerusakan tersebut disebabkan penduduknya kufur dan tidak dapat mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah kepadanya. Dan semua jenis kerusakan tersebut terjadi pada daratan maupun lautan akibat ulah tangan manusia, sehingga bersyukur hukumnya wajib. 

Untuk mengurangi kerusakan yang merajalela di muka bumi, manusia berpegang teguh kepada ajaran Islam yang sempurna fungsi dan kemanfaatannya bagi kehidupan dan kelestarian alam, sehingga selamat baik di dunia dan di akhiratnya.

Macam-macam kerusakan di darat misalnya, penggundulan hutan yang sembarangan mengakibatkan banjir dan tanah longsor, pemakaian sumur bor yang berlebihan mengakibatkan habisnya persediaan air tanah, peperangan antar bangsa, antar negara, antar suku yang menggunakan bom mengakibatkan hancurnya kehidupan dan ekosistem. 

Macam-macam kerusakan  di laut misalnya, pencemaran air laut mengakibatkan kehidupan hewan laut mati, pembuangan sampah di sungai mengakibatkan kenyamanan lalu lintas sungai terganggu dan menimbulkan bau tidak sedap, pembuangan limbah industry mengakibatkan air sungai tercemar dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.  

0 coment:

Posting Komentar

Powered By Blogger