Tieta itoe Titut On Senin, 06 Desember 2010

Profil

Nama: Rossa Roslaina Sri Handayani
Tanggal lahir:
Senin, 09 Oktober 1978
Status: Janda
Zodiak:
Libra
Lahir di: Sumedang
Debut:
Single 'Nada-nada Cinta' (1996)


Penyanyi bernama lengkap Rossa Roslaina Sri Handayani ini pertama kali dikenal publik Indonesia melalui lagu sendu bertajuk "Nada-nada Cinta" yang meledak pada medio tahun 1996.

Sejak itu walaupun sempat vakum selama 2 tahun , namanya makin terkenal sebagai seorang solis perempuan dengan suara yang menawan. Berturut-turut beberapa lagu hits seperti "Tegar", "Hati Yang Terpilih", "Atas Nama Cinta", "Aku Bukan Untukmu" dan "Pudar" menghiasi tangga lagu teratas negeri ini. Lagu ini bukan saja terkenal di Indonesia tapi juga merambah negeri jiran dan membuat Rossa popular di sana.

Putri sulung dari tiga bersaudara pasangan Ukas Hermawan dan Eni Kusmiani ini tercatat mengawali karier menyanyi sejak usia masih sangat belia 10 tahun. Berawal dari menemani sang bunda yang berprofesi sebagai penyanyi Cianjuran, Rossa lalu ke Dian Records untuk tes vokal. Tak disangka, suara Rossa kecil ternyata menarik perhatian label rekaman Dian Records yang akhirnya mengontrak Rossa.

Album pertamanya adalah "Untuk Sahabatku" yang rilis pada 1988 dan isinya merupakan lagu anak-anak. Aransemen musiknya sendiri ditangani oleh Franky Sahilatua, James F Sundah, Uce F Tekol, Areng Widodo, dan Alex Lia, yang ketika itu sudah terkenal membuat musik untuk lagu anak-anak. Sayangnya album perdana Rossa di masa kanak-kanak ini tidak mencapai penjualan yang diharapkan.

Keberhasilan single hit "Nada Nada Cinta" yang diikuti oleh hits lainnya "Tegar" pada tahun 2000 semakin melambungkan nama Rossa. Lagu "Tegar" sempat dipakai menjadi theme song untuk sinetron "Suami, Istri, dan Dia" arahan Putu Wijaya yang diproduksi oleh Starvision.

Karir Rossa makin mencorong saat dia tampil sebagai wakil Indonesia di festival musik "Vietnam My Love" pada 26-29 Oktober 2000 di Hanoi.

Meski sibuk menyanyi dan manggung sana sini di berbagai tempat, Rossa termasuk salah satu penyanyi yang berhasil menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia pada bulan Februari 2002. Di tahun yang sama, Rossa juga merilis album bertajuk "Kini" (2002) yang masih didominasi lagu-lagu sendu seperti pada album-album sebelumnya.

Pada album tersebut, Rossa menyanyikan sembilan lagu karya sembilan pencipta lagu, termasuk Iszur Muchtar, Yovie Widianto, dan Melly Goeslaw. Sukses album ini diikuti dengan versi repackaged-nya yang rilis pada 2003. Lewat album ini dimana terdapat lagu "Malam Pertama" ciptaan Melly Goeslaw

Pada tahun 2003, Rossa kembali merilis repackaged dari album Kini dimana memasukkan lagu baru berjudul "Malam Pertama" ciptaan Melly Goeslaw. Album ini sukses meraih penghargaan double platinum pada tahun 2004. Di akhir tahun 2004, Rossa merilis album bertajuk "Kembali". Album ini memuat sembilan lagu dengan konsep musik pop progresif. Sejumlah musisi yang terlibat di antaranya ada Icha "Jikustik" dan Lucky "Element". Tak ketinggalan sang suami ketika itu Yoyo juga ikut membantu dalam mengaransemen lagu "Wanita Pilihan".

Uniknya sebelum album ini dirilis pada bulan Desember 2004, dua lagu dalam album tersebut sudah dijadikan soundtrack sinetron. Yang pertama adalah lagu "Pudar" yang menjadi soundtrack sinetron "Doiku Beken" produksi Multivision Plus. Yang kedua adalah "Bicara Pada Bintang" yang dipakai untuk soundtrack sinetron "Pura-Pura Buta" produksi Soraya Intercine Films.

Album ini menjagokan single "Aku Bukan Untukmu" dan "Pudar". Baru dirilis selama tiga bulan, album "Kembali" telah mendapat plakat platinum. Enam bulan kemudian, Rossa kembali diganjar penghargaan double platinum untuk album "Kembali". Bahkan single keduanya, "Pudar" yang diciptakan oleh adik bungsunya, Hendra Nurcahyo, membawa Rossa melanglang negara tetangga, Malaysia.

Album tersebut kemudian dirilis di Malaysia pada 23 Mei 2005, di mana Rossa juga mengadakan pertunjukan di Planet Hollywood Malaysia dalam rangka promosi albumnya itu.

Rossa membuat album kompilasi bertajuk "Yang Terpilih" yang dirilis pada bulan Desember 2006. Dalam album kompilasi tersebut, Rossa memasang kembali sejumlah hits lawas seperti "Nada-Nada Cinta" karya Yongky Suwarno (1996), "Tegar" ciptaan Melly Goeslaw (1999), "Hati Yang Terpilih" dari kompilasi soundtrack Hati Yang Terpilih (2000), "Kini" ciptaan Yovie Widianto (2003), dan "Kembali" (2004). Tak lupa Rossa juga menyertakan juga tiga hits baru yaitu "Cinta Tak Termiliki", "Terlalu Cinta" karya Yovie Widianto serta "Atas Nama Cinta" ciptaan Melly.

Setelah hampir tiga tahun tak mengeluarkan album, pada Mei 2008 ia merilis album baru dengan judul Rossa. Yang menarik di album kelimanya ini, Yoyo, sang suami juga menyumbangkan satu lagu, "Terlanjur Cinta". Lagu ini dijadikan sebagai lagu jagoan yang dinyanyikan secara duet dengan penyanyi asal Hongkong, Andy Lau.

Demi menjual album ini, beberapa konser mini pun digelar Rossa dengan tema "Konser Cerita Cinta" yang berlangsung di 7 kota Indonesia, Bandung (30 Mei 2008), Surabaya (6 Juni 2008), Palembang (13 Juni 2008), Bandung (20 Juni 2008), Padang (11 Juli 2008), Batam (17 Juli 2008) dan Medan (25 Juli 2008).

Konser mini ini secara ekslusif menampilkan Rossa yang membawakan 16 lagu pilihannya yang bercerita tentang pahit manisnya cinta lewat tembang-tembang hits seperti "Nada-nada cinta", "Tegar", "Wanita Yang Kau Pilih", "Pudar", "Atas nama Cinta" dan tentu saja "Ayat-Ayat Cinta" yang mencatat hits luar biasa. Bersama dengan Delon serta Bams dari grup Samsons, Rossa berkolaborasi juga membawakan single terbarunya "Hey Ladies", "Hati Yang Kau Sakiti", dan "Tega".

Tercatat diantara sela-sela waktu konser mini yang berlangsung dari tanggal 30 Juni 2008 hingga 25 Juli 2008, Rossa juga mengadakan konser mini di negeri jiran Kuala Lumpur pada tanggal 27 Juli 2008 yang mencatat kesuksesan ditonton oleh 3000 penggemarnya. Sebelumnya, pada tanggal 26 Juli 2008 di Berjaya Mega Mall, Pahang Kuantan, Rossa sempat mengadakan jumpa fans.

Impian Rossa untuk menggelar konser tunggal perdananya menjadi nyata. Pada 26 November 2008, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), ia menggelar konser penuh mimpi itu dengan titel "Persembahan Cinta". Di dalam konser ini, Rossa dibantu oleh komposer kenamaan Erwin Gutawa serta Jay Subiakto sebagai koreografer.


Rossa yang menikah dengan Yoyo, anggota band Padi pada tanggal 18 Maret 2004 dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Rizky Langit Ramadhan yang lahir 3 Oktober 2005. Pernikahan mereka mendapat cobaan ketika di bulan April 2007 berhembus kabar Yoyo kepergok sedang bermesraan dengan seorang wanita yang berprofesi sebagai model di kota Surabaya.

Bahkan meski sempat berdamai di bulan Juni 2007, namun belum ada tanda-tanda keluarga ini bakal bersatu lagi. Malah anak semata wayang mereka, Rizky dititipkan di rumah orang tua Rossa di Sumedang. Pada 22 Juni 2009, Rossa akhirnya mantap mengajukan gugatan cerai terhadap suaminya, Yoyo. Sidang pertama dilakukan pada 30 Juni 2009. Mereka dinyatakan bercerai pada 14 Juli 2009. Namun karir Rossa tetap bersinar pasca perceraian.

Rencananya pada pertengahan tahun 2010 ini Rossa akan mengadakan konser tunggal di negeri jiran Malaysia bertempat di Stadion Bukit Jalil, Malaysia yang akan berlangsung pada tanggal 29 Mei 2010. Konser ini sendiri diberi tajuk "Konsert Melodi Cinta Rossa". Rencananya konser ini akan berkolaborasi dengan sejumlah musisi Indonesia seperti Ungu, ST12 dan bintang malaysia, Aizat. Komposer Yovie Widianto lewat Orchestra-nya akan menggarap konser ini dengan koreografi ditangani oleh Jay Soebiyakto.


FROM YAHOO

0 coment:

Posting Komentar

Powered By Blogger