Tieta itoe Titut On Senin, 06 Desember 2010

Profil

Nama: Rianti Cartwright
Tanggal lahir:
Kamis, 22 September 1983
Status: Single
Zodiak:
Libra
Lahir di: Bandung
Debut:
Film 'Eiffel I'm In Love' (2003)


Cantik dan pintar adalah dua kata yang menggambarkan sosok Rianti Cartwright. Kekhasan suara dan pembawaannya yang ceria membuat acara yang dibawakannya menjadi seru. Meskipun mengawali karir sebagai model tetapi ia lebih dikenal sebagai VJ MTV (Music Television).

Ia pun lebih sering dipanggil dengan sebutan VJ Rianti. Sukses sebagai VJ, ia mencoba tantangan lain yaitu berakting. Beberapa sinetron dan film dibintanginya. Namanya semakin melambung saat ia bermain dalam film "Ayat-ayat Cinta", berperan sebagai Aisha. Dalam film tersebut Rianti menunjukkan kualitas aktingnya.

Rianti lahir di Bandung pada 22 September 1983 dengan nama lengkap Rianti Rhiannon Cartwright. Ayahnya, Dachlan Cartwright, berasal dari Inggris dan ibunya, Sri Sutrisnawati, berasal dari Jawa Barat. Rianti merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Ia menghabiskan masa kecilnya di Bandung. Pada usia 16 tahun, Rianti sudah mencari uang sendiri dengan menjadi model. Saat tinggal di Bandung, Rianti pernah menjadi editor bahasa di sebuah majalah gaya hidup, Maxx-M.

Berkarir dalam dunia hiburan bukanlah cita-cita Rianti. Ia dulu ingin menjadi seorang jurnalis. Tetapi, setelah "tercemplung" dalam dunia hiburan ia justru sangat menikmati dan mencintai pekerjaannya. Namanya mulai dikenal saat Rianti menjadi VJ MTV. Wajah dan suaranya yang khas membuat orang dengan mudah mengenalinya. Saat menjadi VJ, Rianti memandu tiga program, yaitu "Global Room", "What's Up", dan "MTV Weekend".

Dengan banyaknya program yang dibawakan, nama Rianti semakin dikenal. Tawaran pun banyak yang datang padanya. Mulai dari bintang iklan, model majalah hingga bermain film dan sinetron. Awal mula Rianti menjajal akting adalah ketika ia mendapatkan peran kecil sebagai Farah dalam film "Eiffell I'm In Love" pada 2003. Film tersebut sangat laris dan ia mulai banyak dilirik oleh para pencari bakat.

Setelah film tersebut, semakin banyak saja tawaran untuk bermain dalam layar lebar yang datang pada Rianti. Ia pernah bermain dalam film "Inikah Rasanya Cinta" pada 2005. Lalu bermain dalam film bergenre komedi yang diangkat dari novel karya Adhitya Mulya, Jomblo pada 2006. Film lain yang dibintanginya adalah "Pesan dari Surga" pada 2006, "D'Bijis pada 2007", hingga film fenomenal "Ayat-Ayat Cinta" pada 2007.

Dalam film "Ayat-ayat Cinta" yang diangkat dari novel karya Habiburahman El Shirazy, nama Rianti semakin diperhitungkan dalam dunia akting. Ia berperan sebagai Aisha Greimas, seorang mahasiswi asing keturunan Jerman dan Turki, yang sedang melakukan riset di Mesir. Rianti beradu akting dengan Fedi Nuril sebagai Fahri yang berperan sebagai suaminya. Wajah indo dan kemauannya belajar membuat Rianti mendapatkan peran tersebut.

Bagi Rianti, tidak mudah memerankan Aisha. Ia harus melakukan riset dan belajar bahasa Jerman serta Arab. Belum lagi, banyak penggemar novel yang tidak setuju Rianti memerankan Aisha. Kontroversi muncul saat ia berperan sebagai Aisha. Tetapi, "gojlokan" dari sutradara berbakat, Hanung Bramantyo dan kerja keras Rianti membuahkan hasil. Aktingnya sebagai istri yang rela di poligami dan berjuang demi rumah tangganya, sangat memukau. Ia pun mendapatkan banyak mendapatkan pujian.

Setelah film tersebut meledak, Rianti bermain dalam sinetron bertema sama yaitu rumah tangga islami, Munajah Cinta. Dalam sinetron tersebut ia beradu akting dengan Baim Wong. Rianti berperan sebagai Khumaira, seorang wanita soleh dan rendah hati, mengidap penyakit diabetes. Karakter Khumaira tidak jauh berbeda dengan karakter Aisha, sehingga kualitas akting Rianti tidak terlalu terlihat.

Isu deportasi

Meskipun lahir dan besar di Indonesia, tetapi Rianti masih berkewarganegaraan Inggris, yang diperoleh dari sang ayah. Visa yang dimilikinya merupakan visa kerja. Isu deportasi pun menghampirinya karena diduga melakukan pelanggaran izin tinggal dan tidak memiliki dokumen keimigrasian yang sah. Hal ini membuat Rianti harus diperiksa oleh Direktur Penyidikan dan Penindakan Keimigrasian.

Masalah yang sempat menjadi pemberitaan hangat tersebut dihadapi Rianti dengan kuat. Ia didamping, Banyu Biru yang saat itu menjadi kekasihnya menjalani pemeriksaan di kantor Imigrasi. Masalah terselesaikan dengan baik setelah Rianti memperlihatkan paspor dan surat dari pihak sponsor PT. Global Informasi Bermutu serta dokumen dari PT. MD Entertaiment.

Rianti sendiri sebenarnya berniat untuk mengganti kewarganegaraannya. Ia mengaku telah jatuh cinta dengan Indonesia. Saat ini pergantian warganegara Rianti masih dalam proses dan memang memakan waktu yang cukup lama.

Kisah cinta

Rianti pernah menjalin hubungan yang sangat lama dengan Banyu Biru, anak dari pemain film senior Eros Djarot. Mereka kerap kali disebut sebagai pasangan ideal. Saat Rianti diperiksa oleh pihak imigrasi, Banyu lah yang mendampinginya dan membantu menyelesaikan masalah tersebut. Hubungan yang berjalan selama 7 tahun itu kandas di tengah jalan karena masalah prinsip. Mereka putus pada September 2008. Putusnya hubungan mereka disayangkan oleh banyak pihak, apalagi Banyu pernah mengaku bahwa ia masih mencintai Rianti. Saat ini Rianti berpacaran dengan pria yang bernama Alfonso Nainggolan atau akrab disapa Cas Cas adalah seorang penulis lagu dan memiliki perberbedaan keyakinan dengan Rianti yang seorang muslim.

FROM YAHOO

0 coment:

Posting Komentar

Powered By Blogger