Tieta itoe Titut On Senin, 06 Desember 2010

Profil

Nama: Afgan Syah Reza
Tanggal lahir:
Sabtu, 27 Mei 1989
Status: Single
Zodiak:
Gemini
Lahir di: Jakarta
Debut:
Album 'Confession No.1' (2008)


Penyanyi pendatang baru Afgan Syah Reza menandai kiprahnya dalam dunia tarik suara dengan debut album Confession No.1 yang dirilis Januari 2008. Album perdana itu langsung langsung melambungkan namanya sebagai penyanyi solo pria bermasa depan cerah di blantika musik Indonesia.

Album berisi 13 lagu yang kental dengan aroma pop, soul, jazz, R&B dan jazz diproduksi oleh Wanna B Production dan didistribusikan oleh PT Sony-BMG. Penggarapan single andalan Terima Kasih Cinta, Klise dan Tanpa Batas Waktu dibintangi Thalita Latief dan sutradara Jose Purnomo. Beberapa musisi tenar terlibat dalam pembuatan album perdana Afgan seperti Fajar LMN, Harry Budiman (produser Tangga), Deddy Dhukun, Dian HP dan Bebi Romeo sebagai komposer.

Anak kedua dari empat bersaudara pasangan Lola Purnama dan Loyd Yahya kelahiran Jakarta, 27 Mei 1989 ini tumbuh dalam keluarga penikmat musik, yang kemudian membuka kesempatan karirnya di bidang tarik suara.

Mahasiswa fakultas ekonomi itu berhasil meraih predikat Best Artist of The Year dan Favorit Artist di ajang MTV Indonesia Awards 2008.

Karir solonya semakin menanjak setelah dalam ajang Anugerah Musik Indonesia 2009 meraih predikat sebagai Penyanyi Pria Solo Terbaik melalui lagu Terima Kasih Cinta. Ketenaran Afgan juga ternyata sampai ke negeri Jiran, Malaysia dengan nominasi pada ajang Anugerah Planet Muzik 2009.

Ketenarannya di negeri Jiran membuat Afgan sempat ditipu perusahaan di Malaysia. Hits Afgan 'Bukan Cinta Biasa' digunakan sebagai nada sambung (ringtone) oleh sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka di Malaysia.

Akibatnya, perusahaan rekaman yang menaungi Afgan melayangkan laporan ke Kementerian Perdagangan Malaysia, pertengahan 2009. Masalah ini akhirnya dapat diselesaikan kedua pihak.

Sukses di album perdana, Afgan kini sedang mempersiapkan album kedua yang bakal rilis tahun ini. Di album teranyarnya, Afgan mengeksplorasi musik era 60-an dan lebih menonjolkan performa grup band.

Dalam album keduanya ini, Afgan mengaku lebih berani dan terlibat lebih jauh. Album itu berisi 13 lagu plus satu lagu dari hasil kompetisi. Dia mengaku menyumbangkan dua lagu yang ditulis sendiri tentang pengalaman hidup dan patah hati.

Disamping menggarap album, Afgan juga sempat menetaskan beberapa single yang popular di pasaran. Ramadhan 2009 lalu, Afgan merilis single religi berjudul Pencari JalanMu dan Padamu Kubersujud pada 2008.

Selain menekuni dunia tarik suara, Afgan juga merambah ke dunia akting. Afgan berperan sebagai cameo dalam debut di film Bukan Cinta Biasa sekaligus membawakan soundtrack dengan judul sama.

Penampilan keduanya sebagai aktor diuji saat harus beradu akting dengan aktor perfilman senior, Dedi Mizwar pada film Cinta Dua Hati. Kali ini, selain membawakan soundtrack, Afgan berpasangan dengan bersama Olivia Lubis Jensen sebagai pemeran utama.

Walaupun awalnya mengaku sangat grogi bila harus berakting, Afgan mengaku bermain film merupakan tantangan tersendiri. Ada kenikmatan yang berbeda saat dirinya melantunkan lagu dan memerankan sebuah karakter. Afgan merasa, antara film dan menyanyi sama-sama memberikan kepuasan dan membutuhkan pengaturan emosi serta perasaan.

Ingin Sekolah

Di tengah kepopulerannya, Afgan ternyata sangat peduli dengan pendidikan. Ia tak mau kuliahnya terbengkalai karena terlampau sibuk penyanyi.

Jadwal manggung yang padat tak membuatnya melupakan kuliahnya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Dia rela mengurangi jadwal menyanyi demi mengikuti mata kuliah. Baginya, sekolah dan karir memiliki porsi sendiri-sendiri.

Afgan merencanakan menempuh kuliah S2 setelah menyelesaikan sarjana. Dia akan melanjutkan kuliah di luar negeri, tepatnya Australia. Afgan akan kuliah di bidang bisnis marketing, karena sejak lama telah tertarik di bidang itu. Apalagi, Afgan telah lama bercita-cita ingin mengembangkan usaha sendiri sejak muda.

Meski demikian,ia tak akan meninggalkan dunia nyanyi sepenuhnya. Bila kuliahnya libur, Afgan tetap akan menyanyi. Di luar kehidupan dunia hiburan, Afgan juga sudah mulai berbisnis. Bersama desainer asal jerman, Afgan memproduksi kaos merek Underneeth the Hood yang membidik pasar remaja. Ia memproduksi kaos bertema agama dan sosial.

ASMARA

Afgan termasuk artis yang paling tertutup soal kehidupan pribadinya. Jarang sekali penyanyi berkacamata ini terlihat akrab dengan seorang gadis. Sempat tersiar kabar Afgan berpacaran dengan beberapa aktris muda seperti Thalita Latief, Mirasih Tyas Endah, Eva Celia Latjuba dan Arumi Bachsin.

Gosip terbaru, pemuda berlesung pipi ini sedang dekat dengan lawan mainnya di Cinta Dua Hati, Olivia Lubis Jensen, namun kisahnya berakhir dengan patah hati. Afgan tak menyebut langsung tipe gadis seperti apa yang dia inginkan. Tetapi ia mengharapkan bertemu gadis yang seumuran dan mengerti kesibukannya.


FROM YAHOO

0 coment:

Posting Komentar

Powered By Blogger